Konsorsium Roket Nasional Uji Roket Pertahanan di Pameungpeuk

07 Maret 2014

Suasana pengujian roket di Pameungpeuk (all photos : Pindad, Alam Indomesin Utama)

Pengujian Roket Pertahanan di Pameungpeuk

PT Pindad (Persero) yang tergabung dalam Konsorsium Roket Nasional bersama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pertahanan, serta beberapa perusahaan BUMN seperti PT Pindad (Persero), PT Dahana (Persero), dan PT Dirgantara Indonesia (Persero), kembali melakukan pengujian Roket Pertahanan.


Pengujian ini dilakukan di Stasiun Peluncuran Roket Sonda, Pameungpeuk Garut, Jawa Barat pada tanggal 6 Maret 2014. Perwakilan PT Pindad (Persero) yang hadir dalam acara pengujian tersebut adalah Direktur Sistem Senjata Ade Bagdja dan Deputi Direktur Penelitian dan Pengembangan Triyono Priohutomo.


Tujuan diadakannya pengujian roket ini adalah untuk melakukan uji dinamis beberapa unit roket terhadap beberapa jenis launcher. Uji dinamis ini dilakukan pada 2 unit RHan-122 terhadap Multi Launcher Rocket System (MLRS) milik Kementerian Pertahanan, 3 unit RHan-122B pada laras RM 70 GRAD milik Marinir, dan uji dinamis 3 unit RX-2020 terhadap Peluncur Roket Modular (PRM) 861 milik PT Pindad (Persero).


Hasil dari pengujian ini pun memuaskan, semua unit roket dapat meluncur dengan baik. Kemudian dilakukan evaluasi oleh tim guna menghasilkan feedback yang dapat dijadikan masukan untuk pengembangan roket pertahanan ini di masa depan.




Acara ini juga dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan, Deputi Kementerian Riset dan Teknologi, Aslog Dislitbang AL, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, Kepala Marinir, dan Direktur Utama PT Dahana (Persero).

(BUMN-Pindad)

Baca Juga :

Tim Konsorsium Roket Pertahanan Sukses Luncurkan Rhan


Kamis (06/03), di Landasan Udara TNI AU, Cikelet, Garut, Jawa Barat, dilaksanakan uji terbang roket hasil sinergitas Tim Konsorsium Roket Pertahanan. Kesuksesan uji terbang ini merupakan kontribusi berbagai instansi yaitu Lapan, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perindustrian, Kepolisian Republik Indonesia, BPPT, LIPI, Batan, TNI AD, TNI AL, TNI AU, UI, UGM, ITB, ITS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, PT Krakatau Steel, PT Dahana, dan PT PAL.

Sebagaimana tertuang dalam Kesepakatan Bersama 20 instansi, kegiatan ini untuk meningkatkan penelitian, pengembangan, dan perekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam uji terbang ini, diluncurkan tiga jenis roket yaitu tiga buah RX 2020, tiga buah Rhan 122b, dan dua buah Rhan 122.

RX 2020 dan Rhan 122b yang membawa muatan radar dan GPS, berhasil menembus awan dengan jarak jangkau lebih dari 30 kilometer. Sementara itu, Rhan 122 diluncurkan untuk menguji launcher (alat peluncur). 

Kegiatan dihadiri Kepala Lapan, para Deputi, Sekretaris Utama, dan para pejabat di lingkungan Kementerian Negara Riset dan Teknologi, TNI AU, AL, dan AD.

(LAPAN)

View the Original article

Comments Off on Konsorsium Roket Nasional Uji Roket Pertahanan di Pameungpeuk

Filed under Indonesia

Comments are closed.