Wamenhan Mendorong Peningkatan Radar CMS Produksi PT Len

27 Maret 2014

Combat Management System produksi PT Len (photo : Defense Studies)

Radar PT Len Dipakai Kapal TNI AL

Bisnis.com, BANDUNG–Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin mendorong peran PT Len Industri (Persero) untuk meningkatkan kualitas radar combat management system (CMS) untuk kapal AL. 

“CMS adalah sistem yang mengombinasikan alat penembakan dengan radar,” kata Wamenhan saat mengevaluasi kesiapan PT Len dalam membangun industri radar nasional di Kantor PT Pindad, Rabu (26/3/2014)

Saat ini, CMS sebagai salah satu produk pendukung industri pertahanan telah terpasang pada 3 kapal KRI Van Speijk, dan satu KRI kelas Parchim sejak 2013 lalu.

Cara kerja CMS tersebut berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang berasal dari berbagai sensor menjadi informasi sebagai navigasi, potensi ancaman, serta reaksi untuk melumpuhkan ancaman.

CMS juga memberian visualisasi menyeluruh terhadap situasi taktis pertempuran, dan menyediakan sarana untuk melakukan reaksi secara efektif dan efisien.

Menurut Wamenhan, pihaknya juga memiliki kebutuhan radar untuk mengisi kerenggangan di kawasan Timur, yang sekarang masih mengonfigurasikan antara radar sipil dan radar militer. Sedangkan radar di kawasan barat dinilai sudah cukup baik.

(Bisnis Indonesia)

View the Original article

Comments Off on Wamenhan Mendorong Peningkatan Radar CMS Produksi PT Len

Filed under Indonesia

Comments are closed.