Leopard Carrier Akhirnya Meluncur ke Laut

06 September 2014

Kapal pengangkut tank Leopard (LST : Landing Ship Tank) KRI Teluk Bintuni 520 (all photos : Saibumi)
Setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal, akhirnya kapal pengangkut tank Leopard KRI Teluk Bintuni 520 meluncur ke laut pada hari jumat siang kemarin (05/09). Mengutip pemberitaan dari Saibumi kapal ini meluncur sendiri ke laut sebelum acara dimulai karena tiupan angin kencang dan putusnya sling baja penambat kapal ini, akhirnya kapal yang di bagian bawahnya dilandasi bantalan karet sebagai slipway ini meluncur ke laut.


Sumber di galangan kapal PT Daya Radar Utama mengatakan bahwa tidak ada korban serius atas insiden ini dan kapal akan ditarik tugboat ke dermaga yang telah dipersiapkan menunggu saat air laut pasang.

Menilik konsep Minimum Essential Force maka TNI AL membutuhkan 41 kapal tipe LST hingga tahun 2024. Saat MEF tersebut dibuat pada tahun 2004, TNI AL telah memiliki 28 kapal LST dari beberapa kelas yang dibuat oleh galangan kapal AS, Korea Selatan dan Rusia. 


Dari kekurangan 13 kapal LST tersebut, pemerintahan Presiden Yudhoyono memesan 3 kapal LST kepada galangan kapal dalam negeri. Dua kapal dikerjakan oleh PT Dok Kodja Bahari di Jakarta, dan satu kapal dikerjakan oleh PT. Daya Radar Utama di Lampung. 

Kapal LST KRI Teluk Bintuni 520 mempunyai ukuran panjang 120 meter, lebar 18 meter, dan  tinggi 11 meter. Dengan mesin berkekuatan 2×3285 KW kapal seharga Rp 160 milyar ini dapat melaju di laut dengan kecepatan 16 knot.


Kapal ini rencananya akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 25 September, dan kemudian pada tanggal 28 September kapal ini akan diuji coba untuk dimuati 10 tank Leopard di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Daya muat KRI Teluk Bintuni ini mampu untuk membawa 10 tank Leopard, 2 helikopter dan 361 pasukan bersenjata lengkap.


Kapal ini diproyeksikan untuk dilengkapi dengan tiga jenis meriam yaitu satu unit meriam ukuran 40 mm, dua unit meriam ukuran 20 mm dan dua unit meriam ukuran 12,7 mm.

(Defense Studies)

View the Original article

Comments Off on Leopard Carrier Akhirnya Meluncur ke Laut

Filed under Indonesia

Comments are closed.